Bisu tak berarti diam

Bisu tak berarti diam

Rabu, 27 Januari 2016

Sudahkah menjadi manager untuk dirinya sendiri?

Apa itu manajemen?
Ada beberapa pandangan mengenai pengertian manajemen yang didefiniskan oleh para pakar ilmuwan. Termasuk juga oleh Lewis dkk. (2004), bahwa manajemen adalah suatu kegiatan mengelola dan mengkoordinasi sumber daya sumber daya secara efektif dan efisien sebagai usaha untuk mencapai tujuan.  Mengelola dan mengkoordinasi perlu di garis bawahi dalam hal ini. Bahwa kemampuan manajemen yang bagus adalah yang mampu mengelola dan mengkoordinasi.
Mengapa perlu manajemen?
Perumpamaan sederhana tentang manajmen diri. Dari pengertian manajemen di atas, dapat dicontohkan bagaimana diri kita melakukan manajemen terhdap diri kita sendiri. Bahwa setiap tindakan merupakan hasil dari proses manajemen yang kita lakukan terhadap diri kita sendiri. Pengelolaan hati, pikiran dan juga nafsu yang kemudian dikoordinasikan dengan anggota tubuh. Apapun yang anggota tubuh lakukan seperti halnya kemana arah kaki melangkah, untuk tempat yang baikkah atau sebaliknya, penuh dengan keburukan.  Apa yang tangan lakukan, untuk memberi kah atau mencuri kah, apa yang mulut katakan, untuk berkata yang baik atau untuk berbohongkah? 
Pada hakikatnya, manajemen dilakukan terhadap diri agar supaya diri ini dapat menjalani hidup dengan teratur dan bertindak yang dinaungi dengan nilai kebaikan. Sudahkah bisa memanage dirinya sendiri? sudahkah mampu menjadi manager untuk dirinya sendiri? Mari belajar, meski tertatih, untuk terlatih. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar