Bisu tak berarti diam

Bisu tak berarti diam

Senin, 29 Desember 2014

29 Desember 2014



Dan hari ini adalah hari dimana aku harus mengambil sebuah keputusan dalam hidupku. Inilah salah satu tangga yang tidak mudah untuk bisa kulalui. Dunia kerja adalah dunia baru dalam hidupku. Dan dari sanalah kudapatkan banyak pengalaman berharga, dimana di dalamnya terdapat banyak pelajaran yang dapat dipetik.
Jorna smart adalah tempat kerja pertamaku. Sebuah lembaga pendidikan yang bergerak untuk fokus dalam bimbingan belajar atau biasa dikenal dengan bimbel. Lokasinya bertempat di Purbalingga. Jarak yang ditempuh cukup jauh dari tempat domisiliku saat ini, Purwokerto. Jarak yang jauh ini, awalnya tak berarti untukku, terkalahkan oleh semangat yang membuncah dalam diri. Pertama kali bekerja, barangkali itu adalah alasan utamanya.
Hari demi hari kulewati dengan penuh semangat, tanpa mengeluh sedikitpun, meskipun banyak yang menahanku untuk melanjutkannya, itu terlalu jauh, ujar mereka. Kupersiapkan materi-materi yang akan kuajarkan pada peserta didikku. Meski lelah, tapi itu tetap menyenangkan tatkala kuingat wajah-wajah mereka yang sangat berantusias untuk belajar.
Setelah beberapa minggu dan hampir melewati dua bulan, rasa lelah dan jemu menghinggapiku. Terlebih dengan berbagai persoalan hidup yang tak kunjung mereda. Persoalan yang aku sendiripun tak mampu untuk merampungkannya. Dan teguran pun tak dapat dielakkan dari pimpinan Jorna Smart. Langkahku terhenti. Aku jatuh sakit, badanku ambruk. Cukup lama kuistirahatkan tubuhku dan juga pikiranku. Bagaimana selanjutnya?
Kucoba pikirkan langkah berikutnya. Apakah akan kulanjutkan aktivitas mengajarku di Jorna Smart? Perlahan suara menasehati, yah, suara ayah. Jika memang itu terlalu melelahkan, alangkah baiknya jika kamu beraktivitas yang tak jauh dari tempatmu sekarang. Ternyata hanya sejauh itu pemahaman ayah tentang kondisi yang menimpa aku sekarang.
Dan ini adalah hari dimana aku kembali melangkahkan kakiku ke Purbalingga, Jorna Smart Tempat aku bekerja dan berbagi ilmu dengan anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah. Setelah hampir dua minggu aku beristirahat, mungkin ini terlalu lama, siap-siap aja mendapat teguran dan kritikan. Dan lagi, ini adalah hari dimana akan kuputuskan untuk mengundurkan diri saya dari bimbel ini. Kamu yakin? insyaAllah. Bismillah yah?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar